Santri Digital Preneur

admin Desember 2, 2021

 

Situbondo, Media Saintek – saat ini teknologi sudah melalui lompatan yang sangat jauh. Dibuktikan dengan munculnya berbagai teknologi baik di bidang kesehatan, pendidikan, hingga sosial, perkembangannya sangat pesat. Bahkan beberapa waktu yang lalu (Kamis, 28/10/2021) sangat menghebohkan publik. Mark Zuckerberg (pendiri Facebook) ingin membuat dunia virtual sehingga menjadikan para user Facebook dapat berinteraksi tanpa batas dengan user lainnya. program itu diberi nama olehnya dengan MetaVerse.

Selain MetaVerse yang tentu akan membuka banyak peluang kerja, terlebih dalam bidang desain animasi. Juga sekarang yang sudah menjadi viral dan ditonton oleh masyarakat Indonesia kebanyakan adalah Film(vlog). menduduki urutan pertama dengan jumlah persentase 16,2%. Yang kedua setelah itu yakni Tutorial Video dengan persentase 13,6%. Olahraga(Gaming) juga diminati dengan persentase 8,9%. Ada juga Komedi dan Prank Video dengan persentase 8,3%. Setelahnya ada Kuliner Video dengan persentase 7,7%. Berikutnya Travelling Video dengan persentase 7,1%. Juga Dunia Entertainment dengan persentase 5,6%.(Sumber: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII)).

Oleh karena itu, Sandiaga Uno menginginkan agar santri juga dapat bersaing di era yang semakin maju ini. Mengingat tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menjadi santri. Jalan yang diambil yaitu dengan mengadakan Pelatihan Online oleh mentor-mentor yang sudah berpengalaman di bidang Desain dan Podcast. Hal ini tentu disambut baik oleh para santri, karena dapat meningkatkan skill mereka.

Santri yang ingin mengikuti pelatihan diharuskan untuk mendaftarkan dirinya terlebih dahulu di Website Satri Digital Preneur. Setelah itu, memilih pelatihan apa yang ingin mereka diikuti. Pelatihan dilakukan hampir dua bulan dimulai pada Senin, 11 Oktober 2021 sampai dengan Senin, 22 November 2021. Kemudian santri yang telah terdaftar akan dibagi ke dalam beberapa kelas. Total kelas ada 15 kelas. untuk desain 3D terdapat 5 kelas, untuk 2D juga ada 5 kelas, dan yang terakhir kelas Podcast juga ada 5 kelas. Biasanya dalam satu kelas ada sekitar 20 santri. Jadi, total yang mengikuti pelatihan kurang lebih ada 300 santri.

Dan masing-masing kelas terdapat satu Mentor dan Asisten Mentor, begitu pun dengan masing-masing peserta diwajibkan memiliki karya seperti yang telah diajarkan, yang juga nantinya akan dikoreksi bersama dengan mentor dan peserta lain. Dengan ini, diharapkan santri dapat menumbuhkan skill yang ada dalam diri mereka dan bisa menjadi seperti mentor-mentor mereka yang sudah handal dalam bidangnya.

berikut beberapa contoh produk yang telah didapatkan dari hasil pelatihan santri Digital Preneur.

Contoh pelatihan 3D

Hasil